Cara Merawat Sepatu UGG Bahan Suede

Mens-uggs.net – Suede adalah dari bagian bawah kulit hewan yang lebih lembut dan lentur. Selain material kulit, banyak juga yang menyukai sepasang sepatu dan boots, hingga jaket berbahan suede. Suka sih boleh-boleh saja. Tantangannya adalah ketika merawat sepatu berbahan sensitif ini dalam kondisi baik, apalagi dalam jangka waktu lama. Terutama jika sedang memasuki musim hujan yang serba lembab. Elemen musim hujan seperti air, becek, debu menjadi musuh utama bahan suede, utamanya yang berwarna hitam.

Karena kamu tadi mengklik laman ini, setidaknya kamu jadi tahu bagaimana cara merawat sepatu berbahan super tricky ini. Ya, ya supaya uang Rp500ribu yang sudah kamu keluarkan untuk membelinya bisa awet dalam hitungan tahun yaa Ikuti beragam tips berikut untuk memastikan sepatu UGG berbahan suede kamu selalu terlihat baru.

1. Lindungi Dengan Spray Pelindung
Sama seperti kamu yang tak berada di bawah panas matahari tanpa sunscreen, sepatu berbahan suede juga perlu perlindungan ekstra sebelum kamu dipakai. Siapkan spray pelindung sepatu suede yang bisa kamu dapatkan di toko reparasi sepatu. Aplikasikan secara tipis saja sudah cukup merawat permukaan bahannya selama beberapa bulan. Perlindungannya pun membuat kotoran tak mudah menempel dan menyerap ke bahannya. Tips yang perlu diingat juga: sebelum dan sesudah disemprot, pastikan untuk menyikatnya.

2. Pengganti Sikat
Punya nail buffer yang sudah tak terpakai? Jangan dulu dibuang ya karena ia bisa kamu pakai sebagai pengganti fungsi sikat yang jauh lebih lembut untuk membersihkan permukaan bahan suede. Coba deh! Pasti jadi lebih shiny.

3. Bersihkan Noda Bandel dengan Cuka Putih
Aduh, kena kopi deh sepatu baru kamu. Tenang! Untuk membersihkan ringan seperti kopi atau soda, gosok kotoran dengan penghapus (mirip ampelas) untuk menyikatnya. Untuk noda yang lebih berat, hapus noda menggunakan sedikit cuka putih pada handuk bersih. Usap beberapa kali sampai Anda melihat noda tersebut perlahan-lahan memudar.

Baca Juga : Cara Mencuci Sandal UGG

4. Gunakan Bedak Tabur atau Corn Meal
Jika kamu menumpahkan cairan ke sepatu suede kamu, tepuk-tepuk area tersebut dengan kain bersih atau handuk dan kemudian oleskan satu lapis tepung jagung atau bedak tabur. Diamkan semalaman, dan kemudian sikat keesokan harinya dengan sikat suede untuk menghapus bubuk yang tertinggal.

5. Pakai Sikat Gigi
Jika suede Anda mulai terlihat lelah dan tak bertekstur lagi (aahh sedih!), coba gosok dengan sikat gigi bersih atau handuk berbahan terry cloth (handuk bertekstur). Jika kondisi permukaan sepatu kamu sangat memprihatinkan, letakkan sepatu di atas uap (boleh dari panci) selama beberapa detik, kemudian gosok dengan handuk.

6. Jangan Bersihkan dengan Air!
Jangan pernah mencoba membersihkan suede hanya dengan air saja karena ia dapat memengaruhi warna dan tekstur suede kesayangan kamu.

7. Serahkan ke Tangan Ahli
Jika semua cara yang kamu coba tetap gagal, pertimbangkan untuk membersihkan sepatu secara professional. Tentunya, ini adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa suede kamu terlihat baru lagi. Cosmo juga bicara soal jaket bahan suede kamu, yang akan lebih awet jika kamu membersihkannya dulu ke laundry sebelum menyimpannya di dalam lemari disaat musim kemarau nanti.